Minggu, 09 Oktober 2016

Apa Itu Pola Pikir

Pola pikir —juga dikenal dengan istilah mindset — adalah cara otak dan akal menerima, memproses, menganalisis, mempersepsi, dan membuat kesimpulan terhadap informasi yang masuk melalui indra kita. Pola pikir itu bekerja bagaikan ramalan bintang di kepala kita. Sewaktu kita hanyut dalam samudra informasi maka pikiran mencari arah dengan berpegangan pada pola pikir yang sudah terbentuk sebelumnya. Pola pikir itu untuk menjaga pikiran agar tetap berada pada jalur yang sudah menjadi keyakinan kita dan mendukung pencapaian tujuan yang menjadi pilihan kita.

Pola Pikir adalah cara otak dan akal menerima, memproses, menganalisi, mempersepsi, dan membuat kesimpulan terhadap informasi yang masuk melalui indra.
Pola pikir adalah cara pandang seseorang mengenai hal apapun.
Pola pikir positif dan negatif. Pola pikir positif (positif thanking) dan pola pikir negatif (negatif thanking) memang mempunyai dampak yang berbeda dalam menyikapi persoalan atau dalam mencapai kesuksesan dalam hidup. Berikut ini contoh bedanya kedua pola fikir tersebut.

a. Dalam menyikapi kegagalan/ketidak berhasilan dalam hidupnya:

1. Positif: Saya memang masih harus Tabah dan sabar dalam menerima kegagalan. Masih semangat untuk berusaha ikhtiar.

2. Negatif: Nasib saya memang jelek, keberuntungan tidak berpihak pada diri saya. Cenderung putus asa.

b. Dalam menyikapi kondisi semisal ada dalam satu gelas berisi air setengah gelas untuk diminum.

1. Positif: Masih ada air walau setengah gelas, bisa menghilangkan rasa haus. Bersukur berterima kasih.

2. Negatif: hemm air hanya setengah gelas, tidak terlalu berarti untuk diminum menghilangkan rasa haus. Menggerutu.

c. Dalam menyikapi orang yang menjahati dirinya :

1. Positif: Orang itu masih belum tau bagaimana hidup yg baik, semoga sadar akan kesalahannya. Cenderung memaafkan tidak emosi dalam menyikapi. Yakin bahwa Allah itu adil, tanpa kita membalasnyapun Allah pasti akan membalaskan setimpal dengan kejahatannya, kita yang dijahati akan diganti dengan kebaikan yang membahagiakan.

2. Negatif: Dasar Orang itu memang jahat tak tau diri, perlu dilawan diambil tindakan.

Ayo praktek :
1. "Ketika anda sedang naik bus Jogja-Solo, sekitar Klaten melihat ada seorang wanita (umur kira-kira 27 tahun) sedang menangis dipinggir jalan".
Apa yang anda pikirkan? Jelaskan

2. Ketika sedang antri perpanjangan SIM, di samping persis tempat duduk kita, ada seorang wanita pakai baju seksi dan rok jauh di atas lutut. Make up nya menor dan tebal.
Apa yang anda pikirkan? Jelaskan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar